Artikel

Lebaran adalah saat kita untuk berkumpul dan bersilahturahmi dengan keluarga serta sanak saudara. Namun jangan sampai momen lebaran kita terganggu akibat sakit. Berikut adalah tips yang dapat anda gunakan untuk menjaga tubuh anda tetap sehat

Tips Untuk Menjaga Tubuh Anda Tetap Sehat selama Lebaran

27 May 2019

Hari Raya Lebaran sebentar lagi akan tiba, saatnya kita bersilahturahmi bersama dengan keluarga serta sanak saudara kita. Namun sudah kita mempersiapkan diri kita untuk tetap sehat selama lebaran? Jangan sampai momen lebaran kita terganggu karena sakit. Oleh karena itu, berikut beberapa tips dan saran yang mungkin bisa anda gunakan untuk tetap sehat selama lebaran.

 

  1. Pilih metode transportasi yang nyaman dan memungkinkan untuk istirahat

 

Perjalanan jauh tentu saja membuat kita harus duduk lama di dalam kendaraan, hal ini tentu saja membuat kita mudah letih dan bosan serta otot kita menjadi kaku akibat duduk terlalu lama. Apalagi jika kita harus berdesak - desakan akibat banyaknya jumlah pemudik akibat lebaran. Oleh karena itu sangatlah penting untuk memilih metode transportasi yang nyaman untuk kita. Jika memang harus duduk terlalu lama, sempatkan untuk berhenti dan beristirahat selama 5 menit atau sempatkan untuk jalan di lorong kereta atau pesawat untuk meregangkan otot kita.

 

  1. Perhatikan asupan makanan agar stamina tubuh tetap terjaga

 

Lebaran sangat identik dengan makanan - makanan khas yang menggugah selera, seperti Opor Ayam, Ketupat, Rendang, Semur, dan Kue Kering seperti Nastar dan Kastangel. Kenikmatan makanan khas lebaran disertai dengan suasana kebersamaan membuat kita terkadang lupa diri dan tidak mengontrol makanan yang kita konsumsi. Alangkah baiknya jika kita bisa mengontrol dan mengendalikan diri kita agar bisa tetap menjaga kesehatan kita selama lebaran, jika perlu minta bantuan keluarga untuk membantu mengingatkan. Jangan sampai momen lebaran kita terganggu oleh sakit dan mengganggu waktu berkumpul bersama keluarga.

 

  1. Selalu sediakan obat - obatan selama perjalanan

 

Selama lebaran jangan lupa mempersiapkan obat - obatan yang anda perlukan untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Kita tidak tahu apa saja yang mungkin bisa terjadi selama anda bepergian. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kita sedia payung sebelum hujan dengan membawa obat - obatan secukupnya. Jika perlu, silahkan berkonsultasi dengan dokter untuk obat apa saja yang anda perlukan.

 

  1. Pastikan tubuh dalam kondisi bugar dan cukup istirahat sebelum melakukan perjalanan

 

Sebelum anda memulai perjalanan, pastikan kondisi anda dalam keadaan sehat untuk bisa bepergian jauh dan beristirahat cukup. Hal ini untuk mencegah agar kondisi anda tidak semakin parah saat anda kembali seusai lebaran. Jika perlu lakukan pemeriksaan terlebih dahulu agar anda tahu kondisi tubuh anda sebelum anda bepergian. Jika ditemukan adanya masalah, konsultasikan dengan dokter agar anda memperoleh masukan agar keadaan anda tidak menganggu saat lebaran anda.

 

Demikian beberapa tips dan masukan yang bisa anda gunakan selama anda berlebaran. Jangan lupa untuk menikmati Hari Lebaran anda bersama keluarga dan saudara. Jika anda memerlukan bantuan konsultasi ataupun keluhan mengenai kesehatan anda selama berlebaran, jangan ragu untuk datang ke IGD RS Royal Surabaya untuk memperoleh penanganan yang tepat.

 

(Narasumber : dr. Ferdianto Eki Kurnianawan, Kepala IGD RS Royal Surabaya)

Komentar