Artikel

Japanese Enchephalitsi (JE) adalah penyakit yang disebarkan oleh nyamuk jenis Culex dan apabila tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat menyebabkan kematian

Tahukah anda penyakit Japanese Enchephalitis?

22 May 2019

Pernahkah anda mendengar penyakit Japanese Enchephalitis (JE)? Mungkin terdengar asing bagi anda, namun tahukan anda bahwa penyakit ini sangat berbahaya. JE adalah penyakit radang pada otak yang disebabkan oleh virus Japanese Encefailitis yang disebarkan oleh nyamuk jenis Culex Tritaeniorhyncus. Umumnya penyakit ini terdapat pada nyamuk, babi, atau burung rawa dan dapat menular ke manusia melalui gigitan nyamuk Culex Tritaeniorhyncus.

 

Indonesia merupakan salah satu daerah endemik dari penyebaran penyakit JE, terutama pada area Bali. Hal ini dikarenakan nyamuk jenis Culex umumnya banyak di daerah sekitar sawah, area irigrasi, dan juga peternakan babi, Pada tahun 2016 jumlah kasus JE di Indonesia mencapai 326 kasus dan sebanyak 226 kasus berada di area Bali (69,3%).

 

Gejala yang ditimbulkan oleh JE berupa demam tinggi, sakit kepala, mual, muntah bahkan hingga kejang, gangguan keseimbangan dan kesadaran. Jika terlambat dalam memberikan penanganan maka JE dapat menyebabkan kematian. Kasua JE banyak menyerang anak dibawah 15 tahun sehingga sering dihubungkan dengan penyakit anak. Namun jangan salah, penyakit JE dapat menyerang siapa saja baik orang tua maupun anak - anak sehingga orang tua juga perlu waspada.

 

Hingga saat ini belum ditemukan obat untuk menyembuhkan penyakit Japanese Enchephailitis. Obat yang diberikan oleh dokter saat ini hanya bertujuan untuk meringankan gejala dari JE, bukan untuk menyembuhkan. Sehingga saat ini kita hanya bisa mencegah infeksi pada JE untuk mencegah terjangkit penyakit JE. Salah satu cara untuk mencegah penyakit JE adalah mengurangi resiko tergigit oleh nyamuk dan juga memberikan vaksin.

 

Salah satu vaksin yang memberikan perlindungan terhadap penyakit JE adalah Vaksin IMOJEV. Dengan vaksin IMOJEV, tubuh diharapkan mampu menciptakan daya tahan terhadap serangan penyakit JE. Dengan demikian tubuh kita akan menjadi tahan dan kuat terhadap serangan dari virus JE dan terhindar dari penyakit tersebut. Jika anda membutuhkan vaksinasi IMOJEV.

 

Untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan bahaya penyakit Japanese Enchephalitis, saat ini RS Royal Surabaya menyediakan layanan vaksinasi IMOJEV. Layanan vaksinasi IMOJEV di RS Royal Surabaya dapat dilakukan dengan biaya sebesar Rp. 485.000,- (sudah termasuk biaya admin & dokter). Bagi anda yang memerlukan layanan vaksinasi IMOJEV, jangan ragu untuk datang ke RS Royal Surabaya untuk memperoleh vaksin IMOJEV. Untuk informasi lebih lanjut, silahkang menghubungi kami melalui 031-8476 111 atau melalui email di info@rsroyalsurabaya.com

 

Sumber :

 

Japanese Enchepalitis Berkorelasi dengan Banyaknya Area Persawahan, Peternakan Babi dan Burung Rawa. (2017). Retrieved May 22, 2019, from http://www.depkes.go.id/article/view/17040400003/japanese-encephalitis-disease-correlates-with-numbers-of-rice-field-area-pig-farms-and-wading-birds.html

Komentar