Berita

Nyeri Lutut pada Orang Tua, Gak Perlu Takut

22 Apr 2019

Pernahkah anda mendengar orang tua anda mengeluh rasa sakit pada sendi lutut mereka? Mungkin orang tua anda mengalami masalah Osteoarthritis. Osteoarthritis adalah peradangan yang terjadi pada sendi lutut sehingga menyebabkan ras sakit pada sendi lutut. Salah satu faktor penyebabnya adalah faktor usia sehingga tidak heran jika orang tua anda mengalami masalah ini.

 

Untuk membantu permasalahan sendi lutut tersebut, Rumah Sakit Royal Surabaya mengadakan seminar awam mengenai Osteoarthritis dengan judul “Nyeri Lutut pada Orang Tua, Gak Perlu Takut”. Seminar tersebut diadakan pada hari Minggu tanggal 14 April 2019 dengan pembicara dr. Megaputera, Sp.OT selaku spesialis Orthopedi di RS Royal Surabaya.

 

Dalam seminar awam tersebut, dr. Mega mengatakan bahwa tidak semua Osteoarthritis itu memerlukan operasi. Semua bergantung pada tingkat keparahan pada Osteoarthritis yang dialami seseoarang. Apabila osteoarthritis yang dialami masih ringan, maka hanya perlu melakukan perubahan gaya hidup seperti rajin berolahraga dan menurunkan berat badan. Olahraga yang dianjurkan pun tidak boleh sembarangan karena dapat memperparah keadaan, disarankan untuk bersepeda atau berenang.

 

Obat dan suplemen dapat membantu meringankan nyeri yang dialami oleh penderita, namun perlu diperhatikan bahwa hal tersebut hanya mengurangi nyeri saja. Bantuan rehabilitasi medik juga dapat membantu penderita untuk mengurangi rasa sakit. Jika diperlukan dapat juga diberikan suntikan cairan sendi lutut untuk membantu menghilangkan rasa nyeri, namun harus rutin dilakukan pada jangka waktu tertentu. Apabila hal - hal tersebut tidak membantu maka hal yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan operasi pada sendi lutut.

 

Terdapat 3 jenis operasi yang tersedia bagi penderita Osteoarthritis, yaitu Arthroscopy, High Tibial Osteotomy, dan Arthroplasty atau ganti sendi. Arthroscopy adalah operasi kecil dengan cara melakukan 2 buah sayatan kecil untuk memasukan kamera endoskopi dan alat operasi ke lutut. High Tibial Osteotomy adalah operasi yang bertujuan untuk memperbaiki kelainan sendi lutut yang berhubungan dengan osteoarthritis. Sedangkan arthoplasty adalah operasi untuk menggantikan bantalan sendi lutut yang rusak.

 

Para lansia yang mengikuti seminar awam tersebut terlihat antusias dalam mengikuti dan menanyakan pertanyaan seputar Osteoarthritis. Beberapa menanyakan pertanyaan dan nasihat mengenai keluhan yang mereka miliki. Demikian juga dr. Mega turut membantu dalam memberikan nasihat dan masukan yang sesuai dengan keluhan para pasien. Dengan nasihat tersebut dr. Mega berharap agar para lansia dapat menghadapi permasalahan Osteoarthritis agar dapat hidup dengan lebih baik.

 

Tidak lupa dr. Mega memberikan nasihat bahwa lebih baik mencegah daripada mengobati, namun mengobati tetap memerlukan biaya dan tidak sebanyak mengobati. Sehingga apabila anda memiliki permasalahan pada sendi lutut anda, jangan ragu untuk datang ke klinik Orthopedi RS Royal Surabaya untuk memperoleh penanganan dan konsultasi yang sesuai. Kami siap untuk membantu anda mengatasi segala permasalahan dan keluhan anda.

Komentar