Artikel

Cacar Monyet adalah penyakit yang sedang merebak di Singapura, kedekatan antara Indonesia dengan Singapura membuat kekhawatiran bahwa Cacar Monyet juga akan merebak di Indonesia. Perlukah kita waspada?

Perlukah Kita Waspada Terhadap Cacar Monyet?

24 May 2019

Akhir - akhir ini kita sering mendengar di berita penyakit Cacar Monyet yang sedang terjadi di Negara Singapura. Karena dekatnya jarak Singapura dengan Indonesia, penyakit Cacar Monyet dikhawatirkan juga akan melanda Indonesia dan membuat masyarakat menjadi resah. Namun sebenarnya penyakit apakah Cacar Monyet itu? Mari kita pelajari lebih lanjut.

 

Penyakit Cacar Monyet adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Monkey Pox yang umumnya terdapat pada hewan. Hewan yang terinfeksi umumnya adalah monyet, tupai, dan tikus. Penularan dari hewan ke manusia dapat terjadi melalui kontak dengan darah, cairan tubuh, atau lesi pada kulit atau mukosa dari binatang yang terkena virus. Namun dapat juga terjadi penularan dari manusia ke manusia melalui kontak fisik terhadap pasien yang terinfeksi dan juga materi yang terkontaminasi virus Monkeypox.

 

Masa inkubasi dari virus Monkeypox biasanya 6 - 16 hari, namun dapat juga berkisar hingga 5 - 21 hari. Gejala yang timbul dapat berupa demam, sakit kepala hebat, pembesaran kelenjar getah bening, nyeri punggung, nyeri otot dan lemas. Ciri khas lain dari Monkeypox adalah munculnya seperti cacar pada wajah dan menyebar ke bagian lainnya. Umumnya ruam tersebut berisi cairan bening dan nanah dan kemudian mengeras hingga akhirnya menghilang. Dibutuhkan waktu sekitar 3 minggu dari ruam tersebut muncul hingga ruam tersebut menghilang.

 

Penyakit Cacar Monyet dapat pulih dengan sendirinya dalam waktu 2 - 4 minggu. Pemberian obat saat ini bertujuan untuk meringankan gejala pasien selama mereka sakit seperti Demam, Nyeri Kepala, dan Nyeri Otot. Untuk vaksin pun belum ada vaksin khusus untuk Cacar Monyet, namun vaksin cacar (smallpox) juga efektif hingga 85% untuk mencegah cacar monyet. Sehingga angka kejadian penyakit cacar monyet dapat berkurang oleh vaksin cacar yang telah diberikan.

 

Meskipun demikian penyakit cacar monyet juga dapat menyebabkan kematian bila tidak segera ditangani. Kematian akibat cacar monyet dapat terjadi apabila terdapat kondisi penyulit pada pasien seperti gizi buruk dan lainnya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk bisa mengenali gejala dan penyebab dari cacar monyet untuk mencegah sebelum terlambat. Apabila anda mengalami atau melihat gejala tersebut, segera konsultasikan dengan tenaga medis untuk dapat segera memperoleh penanganan yang tepat.

 

Sumber :

 

Ini Tentang Monkeypox (MPX). (2019, May 13). Retrieved May 24, 2019, from http://www.depkes.go.id/article/view/19051500001/ini-tentang-monkeypox-mpx-.html

 

Monkeypox. (2018, June 6). Retrieved May 24, 2019, from https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/monkeypox

Komentar