Artikel

Pertumbuhan dan Perkembangan Anak adalah hal yang penting untuk diawasi oleh orang tua, namun terkadang orang tua kurang memahami permasalahan Tumbuh Kembang Anak. Oleh karena itu, Rumah Sakit menyediakan Klinik Tumbuh Kembang Anak bagi orang tua yang mem

Apa itu Klinik Tumbung Kembang Anak?

10 May 2019

Menjadi orang tua adalah suatu hal yang menyenangkan. Ketika kita melihat anak kita sehat, bermain, bertumbuh, dan tersenyum tentu saja membuat kita sebagai orang tua turut bahagia. Tentu saja kita menginginkan anak kita dapat tumbuh dan berkembang seperti pada anak umumnya. Namun kenyataannya terdapat beberapa kendala pada pertumbuhan dan perkembangan anak mungkin tidak disadari oleh orang tua. Permasalahan tumbuh kembang anak dapat terjadi pada anak yang beresiko bahkan pada bayi yang sehat sekalipun. Oleh karena itu, orang tua memerlukan informasi yang tepat mengenai permasalahan Tumbuh Kembang anak terutama di masa ini saat informasi yang salah dapat tersebar dengan mudah.

 

Oleh karena itu, untuk membantu para orang tua dalam mengetahui perkembangan dan pertumbuhan anak beberapa rumah sakit menyediakan Klinik Tumbuh Kembang Anak. Klinik Tumbuh Kembang Anak adalah klinik yang membantu orang tua dalam mengawasi pertumbuhan dan perkembangan anak. Selain membantu mengawasi, Klinik Tumbuh Kembang juga akan memberikan pengajaran mengenai cara mengasuh anak yang tepat dan sesuai untuk menstimulasi tumbuh kembang anak anda.

 

Umumnya, kondisi bayi baru lahir yang membutuhkan perawatan khusus di klinik tumbuh kembang adalah :

  • Bayi dengan berat badan yang rendah (kurang dari 2.500 gram)
  • Bayi kurang bulan dengan usia kehamilan kurang dari 40 minggu
  • Bayi dengan gangguan kesehatan dalam masa perinatal
  • Bayi dengan infeksi di dalam kandungan
  • Bayi dengan kelainan bawaan

 

Selain permasalahan tersebut, anda juga dapat ke Klinik Tumbuh Kembang untuk memastikan tumbuh kembang buah hati anda sesuai dengan tumbuh kembang anak seusianya.Semua bayi memiliki resiko permasalahan tumbuh kembang terutama pada bayi yang beresiko seperti yang telah dijelaskan. Jika permasalahan tumbuh kembang tersebut tidak tertangani, maka dapat membawa dampak yang lebih besar pada kecerdasan dan perilaku di masa depan anak anda.

 

Klinik Tumbuh Kembang Anak memberikan pelayanan, pemantauan tumbuh kembang sehingga diharapkan anak dapat bertumbuh dan berkembang secara optimal. Jika ditemukan gangguan tumbuh kembang pada anak, maka anak akan mendapatkan penanganan tim dokter ahli untuk penanganan yang lebih optimal. Untuk menemukan permasalahan tumbuh kembang, buah hati anda akan pemeriksaan yang menyeluruh seperti mengukur berat dan panjang badan, lingkar kepala, menilai perkembangan dan menilai kemungkinan adanya masalah kesehatan lainnya.

 

Beberapa permasalahan tumbuh kembang anak yang dapat anda konsultasikan ke Klinik Tumbuh Kembang Anak adalah sebagai berikut :

  • Keterlambatan motorik baik kasar maupun halus
  • Keterlambatan bicara bahasa
  • Gangguan Personal Sosial
  • Masalah Perilaku dan Kecerdasan
  • Masalah Makan

 

Selain permasalahan Tumbuh Kembang anak, Klinik Tumbuh Kembang Anak juga dapat memberikan bantuan :

  • Konseling prenatal Amengenai menyusui
  • Konseling laktasi

 

Melihat pentingnya kehadiran Klinik Tumbuh Kembang Anak bagi para orang tua, RS Royal Surabaya telah mendirikan klinik Tumbuh Kembang Anak bagi para orang tua yang membutuhkan. Klinik Tumbuh Kembang Anak kami buka pada hari Rabu dan Jumat pada Pk. 18.00 - 20.00. Dibantu oleh dokter konsultan Tumbuh Kembang yang berpengalaman, kami siap membantu anda dalam memberikan bantuan pelayanan tumbuh kembang bagi buah hati anda.

Komentar